Cara Membuat Ikon Di Photoshop


Ikon adalah sebuah gambar sebagai ciri khas sebuah program, file, atau folder. Biasanya dapat terlihat pada shortcut di desktop atau saat membuka File Explorer di Windows. 

Mungkin tampilan ikon yang seperti itu - itu saja menjadi terlihat membosankan. Pada postingan ini saya akan membagikan cara membuat ikon di photoshop. Sebelum itu perlu diketahui bahwa sebuah ikon memiliki ekstensi (.ico) sedangkan secara default photoshop tidak menyediakan format tersebut.

Karena itu pertama yang harus dilakukan adalah mendownload plug-in ICO yang dapat didownload di sini. Setelah itu ekstrak file yang telah didownload tersebut. Lalu pindahkan file ICOFormat64.8bi ke folder plug-ins di mana anda menginstal aplikasi photoshop di sini saya menempatkannya di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CC 2015.5\Plug-ins.


Setelah itu buka aplikasi photoshopnya lalu buat file baru dengan ukuran persegi, jangan terlalu besar misalnya 200x200 dengan background transparan. Silahkan buat apapun terserah anda yang mana akan digunakan untuk icon sebuah file, program, atau folder.


Di sini saya membuat sebuah tulisan. Jika sudah silahkan save, dapat menggunakan kombinasi Ctrl + S. Save dengan ekstensi (.ico).

  



Jika muncul kotak dialog di bawah ini pilih standard ICO, lalu Ok. 


Itulah postingan saya mengenai cara membuat ikon di photoshop. Semoga postingan ini dapat membantu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »