Cara Menambah ukuran Virtual Memory Pada Windows 8

Menambah ukuran virtual memori adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja pada pada windows 8. Virtual memory merupakan   memori   tambahan yang   dapat  diambil dari ruang kosong (free space) pada hardisk. Windows secara default mengalalokasikan ruang kosong pada hardisk sesuai batas kebutuhan minimum windows. Namun kita dapat menambahkan virtual memori komputer dengan pengaturan manual. Memori virtual ini akan digunakan oleh windows secara otomatis jika memori fisik telah terpakai penuh oleh aplikasi windows. Dengan menambah virtual memory maka kita dapat menghindari munculnya pesan "low virtual memory...".

Meskipun judulnya adalah menambah ukuran virtual memory pada windows 8 namun cara ini dapat dilakukan pada windows 7 maupun windows 10. Berikut cara menambah ukuran Virtual Memory pada windows 8:

1. Klik kanan pada logo windows lalu pilih system.


2. Klik Advanced system settings.

3. Pilih tabulasi Advanced lalu pilih Settings pada bagian Performance.

4. Selanjutnya dalam kotak dialog Performance Option. Pada tabulasi Advanced bagian Virtual Memory klik Change.


5. Hilangkan centang pada "automatically manage paging file size for all drives". Selanjutnya pilih Custom Size.
Pada initial size (MB) dan maximum size (MB) silahkan isi sesuai dengan kapasitas ruang kosong harddisk. Misal saya akan mengisikan 2048 untuk initial size dan 4096 untuk maximum size.
Setelah itu Set.



6. Selanjutnya akan terlihat seperti ini. Lalu pilih Ok kemudian restart komputer anda.



Menambahkan ukuran virtual memory ini hanya akan bermanfaat jika memori telah penuh digunakan oleh berbagai aplikasi. Sekian yang dapat saya tuliskan pada posting cara menambah ukuran virtual memory pada windows 8 ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »