Cara Membuat Animasi GIF Sederhana Di Photoshop

Hai, pada postingan kali ini saya akan membahas cara membuat animasi GIF sederhana di photoshop. Awalnya saya pikir membuat GIF itu sulit namun asal ada kemauan ini tidaklah sulit. GIF di atas adalah contoh yang akan saya buat di sini.


Untuk pengertian GIF ini ada pada postingan saya sebelumnya Pengertian Dari JPEG, BMP, PNG, GIF, Dan TIFF

Langsung saja simak langkah - langkahnya di bawah ini :

Pertama buat layer baru, dapat menggunakan tombol shortcutnya yaitu Ctrl + N.



Lalu buat suatu objek. Misalnya di sini saya membuat sebuah panah dengan Custom Shape Tool. Tombol shortcutnya adalah U. Pilih shape lalu mengatur warna fill dan stroke.



Selanjutnya munculkan tab Timeline pada Windows > Timeline jika belum ada.


Setelah itu klik panah ke bawah di sebelah Create Video Timeline lalu pilih Create Frame Animation.


Lalu klik Create Frame Animation tersebut.


Maka akan menjadi seperti ini.


Bagian 0,1 itu adalah rentan waktu untuk berpindah ke frame selanjutnya. Di sini saya mengaturnya menjadi No Delay agar terlihat halus. Klik bagian tersebut untuk mengubahnya.


Selanjutnya duplikasi frame dengan mengklik bagian yang saya tunjuk di bawah ini.



Pada frame yang baru atur objek. Misalnya di sini saya akan membuat objek panah tersebut bergerak maka saya akan mengaturnya menggunakan Move Tool (V) ke titik terakhir panah itu bergerak.



Pilih kembali frame satu lalu lakukan Tweens pada frame dengan mengklik bagian yang saya tunjuk di gambar di bawah ini.


Atur berapa frame yang akan di tambahkan di sini yang menambahkan 10 frame, ini menentukan juga kehalusan dan kecepatan gerak objek. Pastikan yang terpilih pada bagian Layers adalah All Layers dan pada Paramesters bagian Position, Opacity, dan Effects terpilih. Lalu ok.


Dengan ini  secara otomatis akan terbuat frame proses bergeraknya objek dari titik mulai ke titik akhir tanpa harus membuat satu per satu frame dan mengaturnya pada tiap frame.


Lalu pada bagian Once di sini saya mengaturnya menjadi Forever yang artinya objek akan selalu bergerak setelah menjadi file GIF. Once untuk hanya sekali gerak dan 3 Times untuk tiga kali bergerak.


Jika sudah siap save filenya dengan klik File > Export > Save for Web (Legacy).


Maka akan muncul jendela seperti di bawah ini. Jika sudah siap klik save.


Dan atur tempat di mana anda akan menyimpan file GIF tersebut. Lalu tekan save.


Maka hasilnya akan menjadi seperti ini


Itulah yang dapat saya tuliskan mengenai cara membuat animasi gif sederhana di photoshop. Anda dapat mengembangkan animasi gif yang lebih bagus dengan dasar ini. Yah, memang sangat sederhana namun semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »