Macam - macam Hard Disk

Hard Disk adalah salah satu perangkat keras yang sangat penting untuk komputer karena berfungsi sebagai media penyimpanan pada komputer.

Hard Disk adalah perangkat yang berbentuk piringan atau cakram keras yang berputar saat bekerja. Umumnya Hard Disk ini memiliki dua motor listrik yaitu motoran poros pemutar cakram dan motoran penggerak lengan untuk membaca dan menulis yang terpasang melintasi piringan berputar.
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang macam - macam Hard Disk yang umumnya dibedakan berdasarkan port, ukuran, dan jenisnya. Berikut info macam - macam Hard Disk.

Hard Disk Berdasarkan Portnya 

Berikut penjelasan mengenainya masing - masing Hard Disk berdasarkan portnya.

1. Hard Disk IDE
IDE yang merupakan singkatan dari Integrated Drive Electronics ini adalah Hard Disk teknologi lama dan digunakan pada generasi pentium. Menggunakan arsitektur IMB PC yang memiliki 40 pin sebagai jalur transmisi data dan 4 pin sebagai power suppply.

Kapasitas maksimalnya adalah 320GB namun pada masa itu terbilang sangat besar. Hard Disk ini rentan akan resiko komputer hang karena terganggunya proses transfer data.

2. Hard Disk ATA

ATA atau Advanced Technology Attachment adalah jenis Hard Disk yang mirip dengan Hard Disk sebelumnya yaitu jenis IDE. 
Namun meskipun mirip Hard Disk ATA ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dari Hard Disk IDE dan membuat komputer menjadi lebih lancar.

3. Hard Disk SATA
SATA adalah singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment yang merupakan pengembangan dari dari Hard Disk jenis ATA. Port ini masih digunakan sampai saat ini.
Tentunya Hard Disk jenis ini lebih unggul dari Hard Disk jenis sebelumnya.

4. Hard Disk SCSI
SCSI atau Small Computer System Interface adalah jenis Hard Disk  yang memiliki kecepatan membaca paling tinggi dan dapat mencapai kapasitas 5 TB.
Biasanya digunakan untuk komputer server dan database karena kemampuannya ini dan jarang digunakan untuk keperluan pribadi.

Hard Disk Berdasarkan Ukurannya

Untuk Hard Disk yang dibedakan berdasarkan ukurannya ini hanya dibedakan menjadi dua ukuran. Berikut penjelasannya.

1. Hard Disk 3.5 inchi
Hard Disk jenis ini memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan daya listrik tambahan untuk bekerja. Hard Disk ini memiliki variasi port seperti IDE, ATA, maupun SATA.

Umumnya digunakan pada PC desktop dan tidak cocok untuk laptop karena ukuran dan beratnya.

2. Hard Disk 2.5 inchi
Ukurannya lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan Hard Disk 3.5 inchi karena itu tidak memerlukan daya tambahan dan umumnya digunakan pada laptop dan digunakan sebagai Hard Disk eksternal.

Meskipun lebih kecil dari Hard Disk 3.5 inchi sebenarnya tidak mempengaruhi performanya jadi hanya dibedakan dalam segi ukuran dan penggunaannya saja.

Hard Disk Berdasarkan Jenisnya

Jika dilihat dari jenisnya Hard Disk ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu Hard Disk konvensional dan Hard Disk SSD.

1. Hard Disk Konvesional

Hard Disk ini adalah Hard Disk yang biasanya yang menggunakan piringan atau cakram keras sebagai media penyimpanannya.

Karena komponennya berputar, Hard Disk jenis ini rentan mengalami kerusakan apabila digunakan secara asal - asalan. Namun harganya relatif murah, mudah diperoleh, dan kapasitas beragam. 

2. Hard Disk SSD

SSD atau singkatan dari Solid State Drive ini sebenarnya sudah tidak cocok apabila disebut Hard Disk karena tidak menggunakan piringan atau cakram keras melainkan menggunakan chip sebagai media penyimpanannya.

SSD ini sama halnya seperti USB Flash Drive namun SSD ini memiliki kapasitas yang lebih besar. SSD memiliki kemampuan yang lebih cepat dibandingkan Hard Disk konvensional, lebih stabil, dan lebih tahan getaran.

Namun disamping  kelebihannya dibandingkan Hard Disk konvensional. SSD memiliki harga yang jauh lebih mahal dari Hard Disk konvensional meskipun untuk kapasitas yang kecil.

Itulah pembahasan mengenai macam - macam Hard Disk. Sekian yang dapat saya tuliskan pada postingan ini, semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »