Macam - Macam VGA Card

VGA atau kesingkatan dari Video Graphics Array ini adalah standar tampilan komputer analog yang diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.

VGA juga disebut sebagai video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. VGA ini berfungsi untuk menerjemahkan keluaran sinyal digital komputer ke monitor menjadi bentuk grafis. 

Pada kesempatan ini saya akan membahas macam - macam VGA Card yang dapat dibedakan berdasarkan arsitektur atau sistem I/O bus peripheralnya. Berikut penjelasannya.

1. VGA ISA
VGA jenis ini adalah VGA yang dimasukkan pada slot ISA yang merupakan singkatan dari Industry Standard Architecture yang masih memiliki bus sistem I/O 8-bit dan 16-bit .
Jenis ini sudah tidak dipergunakan lagi karena tampilan kehalusan gambar dan kombinasi warna yang dihasilkan masih sangat terbatas serta kecepatan transfer datanya lambat. 
Untuk ISA bus bersistem I/O 8-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981 dan tahun 1984 untuk sistem 16-bit.
2. VGA EISA
VGA EISA adalah VGA yang dimasukkan pada slot EISA atau Extended Industry Standard Architecture dengan 32-bit untuk sistem I/O-nya.

Sama seperti ISA, jenis ini sudah tidak dipergunakan lagi karena keterbatasan pada hasil gambar serta kombinasi warna yang dihasilkannya serta kecepatan transfernya.

3. VGA PCI

VGA jenis ini adalah VGA yang dimasukkan pada slot PCI yaitu singkatan dari Peripheral Component Interconnect dengan bus I/O-nya adalah 32-bit dan 64-bit.
VGA PCI ini sudah jarang digunakan karena keterbatasan fitur - fiturnya. Teknologi PCI dengan sitem 32-bit dan 64-bit ini diperkenalkan pada tahun 1993.
4. VGA AGP
VGA AGP adalah jenis VGA yang dimasukkan pada slot AGP atau kepanjangannya adalah Accelerated Graphics Port dengan bus I/O-nya yaitu 128-bit atau 256-bit.

Jenis ini memiliki kemampuan transfer data yang tergolong cepat dan gambar yang dihasilkannya pun tergolong bagus. Karena kemampuannya itu VGA ini sekarang banyak digunakan. 

5. VGA PCIe

VGA PCIe ini adalah VGA yang dimasukkan pada slot PCIe, singkatan dari Peripheral Component Interconnect Express. Diperkenalkan pada tahun 2004.
Jenis ini merupakan pengembangan dari jenis sebelumnya yaitu PCI. VGA PCIe ini berangkaian seri sistem I/O-nya dan memiliki kecepatan transfer mencapai 32 GByte/s.

Itulah pembahasan mengenai macam - macam VGA Card. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »